Cara Memotret yang Baik

Cara Memotret Yang Baik

Menghasilkan foto yang baik adalah salah satu kewajiban seorang fotografer dan pecinta fotografi. Banyak sekali Cara Memotret yang Baik tentunya dapat diaplikasikan dalam memotret sesuatu. ‘Baik’ nya suatu foto juga ditentukan dari tajamnya foto tersebut. Foto yang baik tercermin pada ketajaman dari hasil potret tersebut. Banyak sekali teknik yang harus dikuasai dalam memotret agar hasilnya lebih baik, dari teknik dasar terlebih dahulu, misalnya memegang kamera. Cara seorang fotografer memegang kamera tentu akan berpengaruh pada ketajaman foto. Selain cara memegang kamera, seorang fotografer juga harus dapat memencet tombol shutter dengan baik dan benar.

Cara Memotret Yang Baik

Jika kita tadi membicarakan Cara Memotret yang Baik khususnya mengenai teknis memegang kamera dan memencet tombol shutter, kini kita membicarakan tentang settingan dari kamera.

  1. Shutter Speed

Semakin cepat anda mensetting shutter speed, semakin tajam juga foto yang akan dihasilkan.

  1. Apperture

Mengurangi aperture berarti anda memperbesar angka nya (misalnya f/22) hal ini akan berpengaruh pada besarnya area tajam dalam foto baik objek yang dekat maupun objek yang jauh. Jika anda ingin menajamkan hanya area tertentu didekat fokus, anda bisa memilih aperture yang besar dengan cara memperkecil angkanya (misalnya f/4).

  1. ISO

ISO yang tinggi akan mempercepat shutter speed sehingga aperture menjadi lebih besar, jika anda memotret dalam ruangan, baiknya anda memilih ISO yang tinggi, tapi ingat! Jangan terlalu tinggi karena ISO yang tinggi dapat menyebabkan timbulnya bintik hitam.

  1. Fokus

Atur fokuss dengan benar, baiknya anda menggunakan manual fokus agar kefokusan bisa anda atur semau anda, atur ring lensa kemudian anda bisa menggerakannya dan mengatur pada fokus sesuai objek keinginan anda.

  1. Gunakan Tripod

Apabila perlu, anda bisa menggunakan tripod, penggunaan tripod akan memberikan hasil foto yang lebih baik dibandingkan tidak menggunakan tripod, anda akan mendapat foto yang lebih tajam dan lebih baik.

  1. Lensa

Pilihlah lensa kamera yang terbaik untuk menghasilkan foto yang lebih baik dan bagus.