Cara Memotret Milky Way

Cara Memotret Milky Way

Seiring dengan berjalannya waktu, ilmu fotografi tidak hanya itu-itu saja, hal itu dibuktikan dari banyaknya cabang ilmu fotografi salah satunya adalah astrofotografi. Astrofotografi adalah ilmu fotografi yang berkaitan dengan astronomi atau ilmu mengenai pengamatan benda-benda langit. Bagi seorang fotografer profesional, tentunya selain pandai memotret benda di bumi, ia juga harus dapat memotret benda di langit dengan baik entah itu cara memotret bintang, Cara Memotret Milky Way,dan benda langit lainnya.

Cara Memotret Milky Way

Saat ini kita tinggal di planet bernama bumi yang terletak di galaksi bima sakti atau disebut juga milky way. Milky way ini terdiri dari banyak planet, bintang, dan lainnya. Salah satu contoh memotret milky way adalah memotret bintang di langit, dibutuhkan Teknik khusus untuk dapat memotret milky way secara baik, demikian persiapan Cara Memotret Milky Way dengan baik,

  1. Pertama, yang harus anda siapkan adalah kamera dengan pengaturan manual juga teknik long exposure, siapkan tripod dan calbe release.
  2. Jika kamera sudah memenuhi syarat tersebut, anda bisa melanjutkannya dengan menyeting ISO, gunakan ISO maksimal 1250, gunakan diafragma terbesar (contohnya F3.5), gaya memtoret landscape, exposure time 30 detik (30’’, jangan melebihi 30 detik)
  3. Setelah settingan no. 2 selesai, anda bisa memilih format foto RAW, hindari penggunakan format JPEG agar fotonya lebih tajam.

Cara Memotret Milky Way juga bisa dibantu dengan aplikasi tambahan yaitu stellarium, anda bisa mendownload aplikasinya secara gratis di internet. Aplikasi stellarium tersebut dapat digunakan untuk mengetahui kapan waktu terbaik untuk memotret galaksi bimasakti di daerah anda khususnya di Indonesia. Memotret milky way juga tidak sembarangan, ada beberapa hal yang harus dihindari diantaranya polusi atau kebocoran cahaya, hindari awan karena kadang-kadang akan menghalangi, dan cari tempat yang bagus seperti di dataran tinggi (pegunungan, perbukitan, lereng tebing, dll), jangan memotret di dataran rendah dengan banyak pepohonan menutupi karena hasilnya kurang maksimal. Perlu diingat, memotret milky way tidak semudah yang dibayangkan dan butuh pengetahuan khusus mengenai astronomi dan fotografi.