Cara Memotret Makanan

Cara Memotret Makanan

Model tidak harus manusia saja lho! sekarang makanan juga bisa menjadi model seorang fotografer. Fotografi makanan biasanya digunakan untuk iklan komersil suatu perusahaan makanan untuk dipromosikan dalam katalog, majalah, televisi, dan lain-lain. Fotografi yang berhubungan dengan makanan dapat mempengaruhi seseorang yang melihatnya, potret makanan yang baik akan menghasilkan presepsi seseorang mengenai makanan tersebut, apakah makanannya enak atau tidak. Sama seperti memotret manusia, semuanya ada tekniknya, begitu juga dengan teknik Cara Memotret Makanan dibutuhkan trik dan tips khusus.

Cara Memotret Makanan

Berikut ini merupakan trik dan tips mengenai Cara Memotret Makanan,

  1. Lighting

Untuk memunculkan tekstur makanan yang lezat dan menggiurkan, anda bisa mencoba memotret makanan dengan posisi backlight, Kontrol pencahayaan yang datang dari belakang adalah salah satu kontrol pencahayaan yang baik dibandingkan dengan menggunakan pencahayaan dari depan seperti biasa datar. Jangan sampai anda memfoto makanan di tempat yang pencahayaannya gelap, pastikan pencahayaannya mencukupi.

  1. Perhatikan Sudut Pengambilan

Bagi anda seorang foot fotographer, beranilah untuk memfoto makanan dari angle yang berbeda, misalnya dari samping, dari atas, dari pinggir, dan angle yang menarik lainnya. Memotret makanan dengan angle yang itu-itu saja akan membuat jenuh lho.

  1. Aperture

Gunakan lensa dengan bukaan atau aperture yang besar, anda bisa memanfaatkan bukaan f/3.5 dengan focal length 18 mm misalnya jika anda menggunakan lensa kit. Efek bukaan yang besar juga dapat menghasilkan efek bokeh sehingga kesan foto tersebut akan lebih dramatis.

  1. Detail

Temukanlah point of interest dalam objek yang anda foto, carilah suatu hal yang menarik perhatian untuk kemudian anda segera fokuskan ke detail makanan tersebut.

  1. Tatalah Makanan

Anda harus dapat memastikan bahwa makanan yang akan anda potret sudah dalam komposisi dan tatanan yang baik, jangan sampai memberikan kesan acak-acakan, tumpang tindih, atau amburadul.

Kelima tips diatas adalah Cara Memotret Makanan yang baik dan benar, adapun untuk memotretnya anda bisa menggunakan kamera pocket, smartphone, mirrorless, DSLR, digital, dan jenis kamera lainnya.