Cara Memotret Landscape

Cara Memotret Landscape

Salah satu jenis fotografi yang banyak diminati adalah fotografi landscape. Biasanya fotografi landscape erat kaitannya dengan alam, apabila didefinisikan, foto landscape adalah forografi ruang dunia dengan luas tak berujung dan bisa juga dalam ruang yang terbatas. Sebenarnya, fotografi landscape tidak hanya alam saja, semua fitur buatan manusia juga bisa disebut dalam fotografi landscape. Landscape bukan hanya suatu jenis foto pemandangan indah, tapi dengan foto landscape seorang viewer harus dapat merasakan berada di lokasi tersebut. Membuat hal seperti itu sangat susah dan menjadi tantangan banyak fotografer profesional yang berkecimpung dalam landscape fotografi. Oleh karena itu, berikut ini akan diberikan mengenai tips cara memotret landscape yang baik dan benar.

Cara Memotret Landscape

Hal-hal yang perlu diperhatikan mengenai cara memotret landscape adalah sebagai berikut,

  1. Kombinasikan objek

Anda bisa memilih langit dan daratan di kombinasikan, jangan anda memilih salah satu objek tersebut karena hasil fotonya akan menjadi datar.

  1. Dapatkan titik fokus

Foto yang baik artinya ia mempunyai point of interest tertentu sehingga para viewer akan langsung tertuju pada objek dalam foto tersebut. Anda bisa mengarahkan fokus pada lensa untuk memfokuskan pada point of interestnya.

  1. Gunakan Tripod

Untuk menghasilkan foto yang baik, anda bisa menggunakan tripod, meskipun berat, namun tripod sangat berfungsi lho dalam memotret foto landscape. Menggunakan tripod akan meminimalisir guncangan ketika penekanan pada shutter.

  1. Depth of Field

Biasanya foto landscape tajam dari ujung ke ujung lainnya, anda bisa menggunakan aperture f/8 ke bawah agar hasil foto nya menjadi lebih soft.

  1. Berani memfoto gerakan alam

Gerakan alam seperti air terjun, desiran ombak, angina yang berhembus, dapat menjadi menarik jika anda potret, jangan ragu untuk memotret gerakan alam. Agar lebih maksimal, anda bisa mengunakan peralatan pendukung seperti tripod dan lainnya.

  1. Waktu dan cuaca yang tepat

Untuk memotret landscape yang baik, anda harus mensinkronkan waktu dan cuaca yang tepat, misalnya carilah golden hour ketika sore hari dan blue hour pada waktu tertentu.