Cara Memotret dengan Kamera DSLR

Cara Memotret Dengan Kamera DSLR

Kamera DSLR atau Digital Single Lens Reflex adalah kamera digital dengan sistem cermin otomatis dan pentaprisma untuk meneruskan cahaya dari lensa menuju viewfinder. Bagi orang awam, memotret dengan kamera DSLR kadang dianggap spele, agar gampang mereka biasanya langsung menyetting kameranya menjadi automatic. Setidaknya, jika anda mempunyai kamera DSLR, anda harus tau mengenai dasar-dasar Cara Memotret dengan Kamera DSLR, sayang juga kan jika kamera DSLR anda tidak dimanfaatkan secara maksimal. Sebenarnya, menggunakan kamera DSLR itu cukup mudah kok, yang penting kita paham mengenai dasarnya.

Cara Memotret Dengan Kamera DSLR

Berikut ini kami telah merangkum mengenai tips Cara Memotret dengan Kamera DSLR

  1. Setting White Balance

White balance atau keseimbangan warna putih harus di atur sebelum melakukan pemotretan, anda bisa menggunakan kertas berwarna putih, kemudian anda bisa mengatur dan memilih settingannya, biasanya kamera DSLR menyediakan settingan auto, daylight, cloudy, shade, tungsten, fluorescent, flash, dan costum.

  1. Setting ISO

ISO adalah settingan yang menentukan seberapa peka sensor kamera terhadap cahaya, semakin tinggi ISO nya, semakin tinggi juga kepekaannya terhadap cahaya. ISO yang tinggi biasanya digunakan di malam hari atau cahaya yang minim.

  1. Setting Fokus

Anda bisa menyetting fokus manual maupun fokus otomatis. Menggunakan fokus manual berarti anda bisa memfokuskan pada tempat sesuai keinginan anda, anda hanya memutar ring fokus pada lensa, berbeda dengan settingan fokus otomatis dimana ring pada lensa akan bergerak sendiri dan terfokus secara otomatis pula.

  1. Setting Apperture

Diafragma atau yang sering disebut juga sebagai aperture biasanya bersimbol ‘f’, aperture adalah pengaturan bukaan lensa dimana semakin kecil nilai f nya maka semakin besar bukaan lensanya. Semakin besar bukaan lensanya semakin banyak juga cahaya yang masuk ke sensor. Tingginya aperture biasanya digunakan dalam fotograpi portrait, sebaliknya fotografi landscape biasanya menggunakan aperture yang rendah.

Itulah keempat tips dasar yang harus anda perhatikan dalam Cara Memotret dengan Kamera DSLR. Keempat hal tersebut setidaknya harus diketahui agar dapat menghasilkan foto yang baik dan bagus.